Tips membangun kesan pertama yang baik saat masuk dunia kerja

Foto orang main laptop


Kesan pertama akan sangat menentukan keberlanjutan hubungan kita terhadap siapapun yang pernah kita temui. Apalagi di dalam dunia kerja, pasti juga akan sangat penting dalam membangun kesan pertama, karena kesan pertama adalah hal yang paling melekat dalam ingatan orang lain. Bahkan, kesan pertama merupakan salah satu hal yang jadi penentu kelulusan pada saat wawancara kerja.

Dengan demikian kesan pertama yang baik haruslah diutamakan dan selalu diperhatikan, Baik dari penampilan atau pun sikap ketika berhadapan dengan orang lain yang baru saja kita kenal. Kita harus membuang ego dan mengedepankan sifat terbuka ketika berhadapan dengan orang yang baru kita kenal.

Lantas, bagaimanakah cara membangun kesan pertama yang baik? Berikut adalah paparan singkat yang diambil dari berbagai sumber:

1.      Mempertahankan Kontak Mata

Kontak mata adalah hal yang sangat mendasar pada saat berinteraksi. Dan juga dalam berinteraksi, kontak mata menjadi salah satu faktor utama dalam membangun kesan pertama yang baik. Seperti temuan dari The British School of Etiquette telah menyarankan penggunaan dari teknik segitiga yang mana Anda bisa menggambar segitiga imajiner di antara kedua mata dan mulut orang lain.

 

Pada saat melakukan percakapan, Anda dapat mengalihkan pandangan pada salah satu titik segitiga ke titik segitiga yang lain di setiap 5 sampai 10 detik. Dengan demikian lawan bicara Anda akan merasa lebih diperhatikan dan Anda akan terlihat seperti tertarik dengan oborlan lawan bicara Anda.

 

2.      Memberi Salam yang Baik

Memberi salam itu seperti mulai dari menjabat tangan, membungkukkan tubuh, atau pun memberikan sebuah isyarat sebagai sapaan merupakan bagian dari tata krama dalam berkomunikasi. Baik dalam situasi formal atau pun informal, melakukan salam adalah hal yang wajib dilakukan apabila ingin membangun kesan yang baik. Semisal apabila tidak terlalu formal, Anda bisa melakukan lambaian tangan, memasang senyum atau pun mengangkat tangan. Dengan demikian, kesan orang lain terhadap Anda akan menjadi baik.

 

3.      Selalu Tepat Waktu saat Ada Janji

Tentunya datang tepat waktu akan memberikan kesan yang baik bagi siapapun yang sudah melakukan janjian ketemuan tanpa terlambat sama sekali. Sekali saja Anda terlambat dalam pertemuan, apalagi itu adalah pertemuan pertama, maka kesan orang lain terhadap Anda akan langsung memburuk.

Tepat waktu sangatlah penting di dalam pertemuan apa saja. Karena tentunya tidak ada satu pun orang yang ingin membuang-buang waktunya hanya karena harus menunggu tanpa tidak melakukan apa-apa.

4.      Perhatikan Penampilan

Salah satu hal yang penting dalam membangun kesan pertama terhadap orang lain adalah cara berpenampilan. Memilih pakaian yang baik akan memberikan kesan yang baik pula dari orang yang melihatnya. Tidak perlu untuk memakai pakaian yang mahal-mahal. Cukup sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi yang terjadi ketika dilapangan, apakah harus memakai pakaian yang formal atau pun informal.

Pastikan juga dalam berpakaian itu harus rapi dan sopan. Apabila baju itu baru keluar dari cucian, jangan lupa untuk di seterika supaya tetap rapi. Perhatikan juga mulai dari bau badan, gigi, mulut, rambut, dan lain sebagainya.

 

5.      Perhatikan Bahasa Tubuh (Tersenyum)

Tubuh itu juga bisa berbicara dengan keras tanpa kita sadari dan lebih nampak daripada perkataan. Baik dari ekspresi wajah, gera70k-gerik tangan, postur tubuh itu juga mengirimkan pesan-pesan yang kuat setiap kali kita berinteraksi dengan orang lain. Bahkan penelitian menunjukkan jika sebanyak 60-70% makna dalam komunikasi manusia itu berasal dari perilaku non-verbal.

Usahakan apabila bertemu dengan orang lain gunakanlah bahasa tubuh yang menunjukkan sikap penuh percaya diri. Jangan sampai Anda menggunakan bahasa tubuh yang lemas dan tidak bersemangat, karena akan menujukkan jika Anda tidak memiliki minat sama sekali dengan orang yang menjadi lawan bicara.

Cobalah untuk menegakkan postur badan Anda, tersenyum ketika bertemu dengan lawan bicara dan tatap matanya dengan tegas. Dengan demikian, Anda telah menunjukkan sikap yang penuh percaya diri dengan minat yang kuat dengan lawan bicara Anda.

 

6.      Selalu Bersikap Positif

Bersikap positif merupakan salah satu bagian terpenting agar membuat kesan pertama yang baik. Selalu pastikan untuk tetap focus apda lawan bicara dan berikan pula pada mereka perhatian yang penuh. Tentunya dengan cara ini akan membantu menciptakan suatu kondisi yang hangat dan positif. Jangan pernah tunjukkan kegugupan ketika bertemu dengan lawan bicara Anda, apalagi ketakutan.

 

Tunjukkanlah pada mereka bahwa Anda itu mudah didekati dengan cara selalu mempertahankan sikap optimis dan tersenyum. Dengan demikiam. Anda dapat menciptakan sikap yang positif dan dapat melatih pikiran agar selalu melihat hikmah di segala situasi yang penuh dengan rintangan. Jangan lupa juga untuk selalu bersyukur di segala situasi dan buatlah circle Anda circle orang-orang yang positif pula.

 

7.      Menjadi Diri Sendiri

Jadi diri sendiri merupakan salah satu cara menciptakan kesan yang baik diri Anda. Jangan menjadi orang lain atau orang-orang yang melebihi ekspektasi Anda, karena Anda akan kesulitan mempertahankan image Anda sendiri. Apabila Anda ingin dipercaya, maka Anda harus menjadi diri sendiri apa adanya, sehingga Anda tidak akan kerepotan di kemudian hari.

 

8.      Perhatikan Intonasi Nada Bicara

Selain memperhatikan penampilan diri sendiri, jangan lupa untuk selalu memperhatikan intonasi nada bicara kita. Jangan terlalu keras, atau pun terlalu rendah. Intonasi yang terlalu rendah akan menunjukkan jika kita tidak percaya diri, apalagi suara terlalu kecil hingga tidak terdengar.

Percaya dirilah dengan argumen atau gagasan yang akan Anda keluarkan. Karena orang lain akan semakin percaya apabila kita melantunkan gagasan kita dengan lantang. Tapi jangan berlebihan ya, nanti di kira marah-marah lagi, hehehe.

 

9.      Ingat Nama

Dale Carnegie pernah menyarankan jika kita harus menyadari betapa pentingnya untuk selalu mengingat nama orang yang baru saja kita temui. Karena pada nama sangatlah penting dalam berkomunikasi.

Orang lain akan lebih senang disapa menggunakan namanya daripada menyapa hanya dengan menggunakan ungkapan “Hoi, broh”, “eh cuy”, atau “hello pak.” Karena apabila kita sebutkan namanya orang lain akan merasa lebih dihargai dan lebih diperhatikan.

Yah, meskipun sulit dalam mengingat nama orang lain, apalagi orang yang baru saja kita temui, namun tetap saja hal itu akan sangat membantu dalam berkomunikasi. Cobalah untuk selalu mengingat nama-nama orang yang penting dalam hidup Anda, baik dengan cara dicatat atau pun hanya diingat-ingat saja.

 

Baiklah, itulah paparan dari 9 cara untuk membangun kesan pertama yang baik di dunia kerja yang tidak boleh diabaikan. Selalu ingat jika kesan pertama adalah kesan yang selalu melekat pada pikiran orang lain mengenai diri Anda. Untuk itulah, Anda harus mengoreksi diri mengenai sikap dan penampilan Anda ketika bertemu dengan orang lain, terutama orang-orang baru yang baru saja kalian kenal.

Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat.

 

Sumber :

https://blog.tempoinstitute.com/berita/cara-membangun-kesan-pertama-yang-baik/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/trik-agar-kesan-pertama-yang-anda-berikan-positif

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/30/183000120/8-cara-membuat-kesan-pertama-yang-baik?page=all

 

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips membangun kesan pertama yang baik saat masuk dunia kerja"

Post a Comment