Tips membangun kesan pertama yang baik saat masuk dunia kerja
Kesan pertama akan sangat menentukan keberlanjutan
hubungan kita terhadap siapapun yang pernah kita temui. Apalagi di dalam dunia
kerja, pasti juga akan sangat penting dalam membangun kesan pertama, karena
kesan pertama adalah hal yang paling melekat dalam ingatan orang lain. Bahkan,
kesan pertama merupakan salah satu hal yang jadi penentu kelulusan pada saat
wawancara kerja.
Dengan demikian kesan pertama yang baik haruslah
diutamakan dan selalu diperhatikan, Baik dari penampilan atau pun sikap ketika
berhadapan dengan orang lain yang baru saja kita kenal. Kita harus membuang ego
dan mengedepankan sifat terbuka ketika berhadapan dengan orang yang baru kita
kenal.
Lantas, bagaimanakah cara membangun kesan pertama
yang baik? Berikut adalah paparan singkat yang diambil dari berbagai sumber:
1. Mempertahankan
Kontak Mata
Kontak mata adalah hal yang sangat
mendasar pada saat berinteraksi. Dan juga dalam berinteraksi, kontak mata
menjadi salah satu faktor utama dalam membangun kesan pertama yang baik.
Seperti temuan dari The British School of Etiquette telah menyarankan
penggunaan dari teknik segitiga yang mana Anda bisa menggambar segitiga
imajiner di antara kedua mata dan mulut orang lain.
Pada saat melakukan percakapan,
Anda dapat mengalihkan pandangan pada salah satu titik segitiga ke titik segitiga
yang lain di setiap 5 sampai 10 detik. Dengan demikian lawan bicara Anda akan
merasa lebih diperhatikan dan Anda akan terlihat seperti tertarik dengan
oborlan lawan bicara Anda.
2. Memberi
Salam yang Baik
Memberi salam itu seperti mulai
dari menjabat tangan, membungkukkan tubuh, atau pun memberikan sebuah isyarat
sebagai sapaan merupakan bagian dari tata krama dalam berkomunikasi. Baik dalam
situasi formal atau pun informal, melakukan salam adalah hal yang wajib
dilakukan apabila ingin membangun kesan yang baik. Semisal apabila tidak
terlalu formal, Anda bisa melakukan lambaian tangan, memasang senyum atau pun
mengangkat tangan. Dengan demikian, kesan orang lain terhadap Anda akan menjadi
baik.
3. Selalu
Tepat Waktu saat Ada Janji
Tentunya datang tepat waktu akan
memberikan kesan yang baik bagi siapapun yang sudah melakukan janjian ketemuan
tanpa terlambat sama sekali. Sekali saja Anda terlambat dalam pertemuan,
apalagi itu adalah pertemuan pertama, maka kesan orang lain terhadap Anda akan
langsung memburuk.
Tepat waktu sangatlah penting di
dalam pertemuan apa saja. Karena tentunya tidak ada satu pun orang yang ingin
membuang-buang waktunya hanya karena harus menunggu tanpa tidak melakukan
apa-apa.
4. Perhatikan
Penampilan
Salah satu hal yang penting dalam
membangun kesan pertama terhadap orang lain adalah cara berpenampilan. Memilih
pakaian yang baik akan memberikan kesan yang baik pula dari orang yang
melihatnya. Tidak perlu untuk memakai pakaian yang mahal-mahal. Cukup sesuaikan
saja dengan situasi dan kondisi yang terjadi ketika dilapangan, apakah harus
memakai pakaian yang formal atau pun informal.
Pastikan juga dalam berpakaian itu
harus rapi dan sopan. Apabila baju itu baru keluar dari cucian, jangan lupa
untuk di seterika supaya tetap rapi. Perhatikan juga mulai dari bau badan,
gigi, mulut, rambut, dan lain sebagainya.
5. Perhatikan
Bahasa Tubuh (Tersenyum)
Tubuh itu juga bisa berbicara
dengan keras tanpa kita sadari dan lebih nampak daripada perkataan. Baik dari
ekspresi wajah, gera70k-gerik tangan, postur tubuh itu juga mengirimkan
pesan-pesan yang kuat setiap kali kita berinteraksi dengan orang lain. Bahkan
penelitian menunjukkan jika sebanyak 60-70% makna dalam komunikasi manusia itu
berasal dari perilaku non-verbal.
Usahakan apabila bertemu dengan
orang lain gunakanlah bahasa tubuh yang menunjukkan sikap penuh percaya diri. Jangan
sampai Anda menggunakan bahasa tubuh yang lemas dan tidak bersemangat, karena
akan menujukkan jika Anda tidak memiliki minat sama sekali dengan orang yang
menjadi lawan bicara.
Cobalah untuk menegakkan postur
badan Anda, tersenyum ketika bertemu dengan lawan bicara dan tatap matanya
dengan tegas. Dengan demikian, Anda telah menunjukkan sikap yang penuh percaya
diri dengan minat yang kuat dengan lawan bicara Anda.
6. Selalu
Bersikap Positif
Bersikap positif merupakan salah
satu bagian terpenting agar membuat kesan pertama yang baik. Selalu pastikan
untuk tetap focus apda lawan bicara dan berikan pula pada mereka perhatian yang
penuh. Tentunya dengan cara ini akan membantu menciptakan suatu kondisi yang
hangat dan positif. Jangan pernah tunjukkan kegugupan ketika bertemu dengan
lawan bicara Anda, apalagi ketakutan.
Tunjukkanlah pada mereka bahwa Anda
itu mudah didekati dengan cara selalu mempertahankan sikap optimis dan
tersenyum. Dengan demikiam. Anda dapat menciptakan sikap yang positif dan dapat
melatih pikiran agar selalu melihat hikmah di segala situasi yang penuh dengan
rintangan. Jangan lupa juga untuk selalu bersyukur di segala situasi dan
buatlah circle Anda circle orang-orang yang positif pula.
7. Menjadi
Diri Sendiri
Jadi diri sendiri merupakan salah
satu cara menciptakan kesan yang baik diri Anda. Jangan menjadi orang lain atau
orang-orang yang melebihi ekspektasi Anda, karena Anda akan kesulitan
mempertahankan image Anda sendiri. Apabila Anda ingin dipercaya, maka Anda
harus menjadi diri sendiri apa adanya, sehingga Anda tidak akan kerepotan di kemudian
hari.
8. Perhatikan
Intonasi Nada Bicara
Selain memperhatikan penampilan
diri sendiri, jangan lupa untuk selalu memperhatikan intonasi nada bicara kita.
Jangan terlalu keras, atau pun terlalu rendah. Intonasi yang terlalu rendah
akan menunjukkan jika kita tidak percaya diri, apalagi suara terlalu kecil
hingga tidak terdengar.
Percaya dirilah dengan argumen atau
gagasan yang akan Anda keluarkan. Karena orang lain akan semakin percaya
apabila kita melantunkan gagasan kita dengan lantang. Tapi jangan berlebihan
ya, nanti di kira marah-marah lagi, hehehe.
9. Ingat
Nama
Dale Carnegie pernah menyarankan
jika kita harus menyadari betapa pentingnya untuk selalu mengingat nama orang
yang baru saja kita temui. Karena pada nama sangatlah penting dalam
berkomunikasi.
Orang lain akan lebih senang disapa
menggunakan namanya daripada menyapa hanya dengan menggunakan ungkapan “Hoi,
broh”, “eh cuy”, atau “hello pak.” Karena apabila kita sebutkan namanya orang
lain akan merasa lebih dihargai dan lebih diperhatikan.
Yah, meskipun sulit dalam mengingat
nama orang lain, apalagi orang yang baru saja kita temui, namun tetap saja hal
itu akan sangat membantu dalam berkomunikasi. Cobalah untuk selalu mengingat
nama-nama orang yang penting dalam hidup Anda, baik dengan cara dicatat atau
pun hanya diingat-ingat saja.
Baiklah, itulah paparan dari 9 cara untuk membangun
kesan pertama yang baik di dunia kerja yang tidak boleh diabaikan. Selalu ingat
jika kesan pertama adalah kesan yang selalu melekat pada pikiran orang lain
mengenai diri Anda. Untuk itulah, Anda harus mengoreksi diri mengenai sikap dan
penampilan Anda ketika bertemu dengan orang lain, terutama orang-orang baru
yang baru saja kalian kenal.
Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat.
Sumber :
https://blog.tempoinstitute.com/berita/cara-membangun-kesan-pertama-yang-baik/
0 Response to "Tips membangun kesan pertama yang baik saat masuk dunia kerja"
Post a Comment